Nah Loh..! Ada Yang Aneh Dengan Pondasi di Kabupaten Bogor

Bogor, | mmcnews.id, – Ada yang aneh dengan proyek pembangunan jalur Pendestiran jalan protokol Tegar Beriman, diantaranya pemasangan box culvert dan dinding penahan tanah serta pembongkaran kanstin dan pasang yang baru.

Bagaimana tidak, pondasi untuk pekerjaan di kegiatan dinding penahan tanah diduga tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya, hal ini dapat berpotensi merugikan negara.

Sebagaimana diketahui pondasi merupakan struktur penting dalam pembangunan infrastruktur yang berfungsi menahan beban yang berdiri di atasnya, dan badan pasangan batu belah seharusnya berdiri di atas pondasi bukan di atas tanah.

Dialah PT. Hutomo Mandala Sepuluh Sebelas penyedia jasa dengan konsultan pengawas PT. Bennanto Jasindo masa pelaksanaan 172 (seratus tujuh puluh dua) hari, dengan anggaran sebesar Rp 63.855.000.000,- (Enam puluh tiga miliar delapan ratus lima puluh lima juta rupiah) yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor TA 2021.

Amat disayangkan, Pekerjaan dengan anggaran puluhan miliar yang lokasi pengerjaannya di kawasan komplek Pemkab Bogor,  pihak kontraktor seakan-akan tidak perduli terhadap semua pemangku jabatan di pemerintahan tersebut dan terlalu berani.

Sementara Kasnan, humas proyek tersebut saat dihubungi media ini, Minggu (29/8) melalui pesan whatsapp, soal pondasi dan teknis pengerjaan badan pasangan batu belah hanya mengirim potongan gambar (foto red) rencana. Dengan keterangan “oh foto memang sedang berproses pak, belum selesai,” kata dia.

(Hingga berita ini dimuat media ini masih membutuhkan verifikasi lebih lanjut).  (IB/DV)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *