oleh

Tanpa Papan Informasi, Pembangunan Aspal Dana Desa di Desa Bondol Dikerjakan Rekanan

Bojonegoro| MmCNEWS.ID, – Maraknya pengerjaan proyek tanpa papan informasi proyek di Bojonegoro semakin menjadi, hal ini menjadikan tanda tanya bagi warga masyarakat.

Seharusnya pelaksana proyek tahu akan aturan dan keberadaan UU pemerintah terkait pengerjaan proyek yang mana telah diatur UU No.14 Tahun 2008, bahwa pengerjaan proyek merupakan satu paket dengan identitas proyek.

Terkait hal itu diduga minimnya pengawasan, hingga pelaksana proyek tanpa memasang papan nama informasi proyek sebagaimana sesuai undang undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), hal ini menjadikan persepsi kurang baik bagi masyarakat, pada Sabtu (20/11/2021).

Seperti penelusuran awak media di lapangan, tepatnya jalan desa yang berada di wilayah Kelompok Ternak Rukun Mulyo, RT. 8 dan RT. 9, Desa Bondol, Kecamatan Ngambon, Bojonegoro, didapati adanya proyek pengaspalan jalan yang diduga menggunakan dana desa, tanpa papan nama informasi proyek, padahal proyek tersebut sudah selesai sekitar beberapa minggu yang lalu.

Proyek yang disinyalir didanai oleh anggaran dana desa tersebut, diduga menciderai keterbukaan informasi publik.

Pasalnya di lokasi proyek tidak terpasang dan tidak terpampang papan nama informasi proyek kepada masyarakat secara umum, padahal proyek sudah selesai, pada Sabtu (20/11/2021).

Awak media hendak mengkonfirmasi kepada Kepala Desa Bondol terkait hal tersebut, namun salah seorang perangkat desa menyebut bahwa kades sedang ke Jogja.

Wahid, Salah seorang Perangkat Desa Bondol saat dikonfirmasi terkait proyek yang sedang berlangsung menyatakan bahwa proyek pengaspalan jalan desa dengan panjang sekitar 240 meter tersebut menggunakan dana desa sekitar seratus juta lebih, dan terkait pengerjaannya dilaksanakan oleh pihak rekanan, namun dirinya tidak tahu nama pihak rekanan yang melaksanakan.

“Proyek tersebut dikerjakan oleh pihak ketiga (rekanan), namun saya tidak tahu nama pihak rekanannya”, ucap Wahid.

“Dan terkait papan informasi proyek, memang belum dipasang, karena sementara ini pengerjaan proyek tersebut dananya masih ditalangi dulu oleh pihak rekanan”, ungkapnya.

Hingga berita ini ditayangkan, awak media belum melihat adanya papan informasi proyek di lokasi tersebut, pada Sabtu (20/11/2021).

Sekedar informasi, Kepala Desa Bonjol saat dikonfirmasi terkait hal diatas menjawab ‘kalau kurang jelas datang ke kantor desa mas.”jawabnya melalaui aplikasi WhatsApp. Minggu (21/11/2021).

Dan dia juga menyampaikan, “Ya .sudah .terserah klo gak mau ke desa.”jawabnya lagi.

Editor : Didik Sap

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *