oleh

Bupati Tuban Pantau Proses Perekaman Data Kependudukan Bagi Siswa Disabilitas

Bupati Tuban Pantau Proses Perekaman Data Kependudukan Bagi Siswa Disabilitas

Tuban, deputinews.com | Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., mengunjungi SLB C Autis Negeri Tuban dan SLB ABD Negeri Tuban yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Jumat (24/06/2022). Kunjungan Bupati Tuban kali ini dalam rangka meninjau proses pendataan dan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi siswa dan perekaman KTP bagi siswa SLB yang berusia 17 tahun. Tampak hadir pula Kepala Disdukcapil Tuban, Rohman Ubaid, Kepala Dinsos P3A dan Pemdes, Eko Julianto, dan Plt. Kepala Dispendik Tuban, Abdul Rakhmat.

 

Mas Bupati Tuban mengungkapkan kekagumannya menyaksikan semangat siswa saat berolahraga bersama. Pada kesempatan ini, Mas Lindra juga berinteraksi dengan siswa disabilitas dan orang tuanya.

 

Mas Lindra menyatakan kegiatan ini sebagai salah satu upaya update data yang tengah digelar Pemkab Tuban. Data yang diperoleh menjadi dasar bagi Pemkab Tuban dalam menyusun program pembangunan. “Ketika data telah diperbaharui maka mereka yang layak akan dapat dimasukkan dalam data penerima bansos,” ungkapnya.

 

Pemkab Tuban berkomitmen mengakomodir keperluan kelompok disabilitas. Diantaranya, peningkatan kualitas pendidikan bagi kelompok disabilitas. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemprov Jatim mengingat kedua lembaga pendidikan inklusi dibawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. “Jika memungkinkan maka Pemkab Tuban akan mengalokasikan anggaran,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, Pemkab Tuban akan melibatkan lembaga pendidikan untuk melakukan pendataan potensi dari kelompok disabilitas. Tidak hanya itu, produk maupun karya yang dihasilkan nantinya akan dipromosikan melalui sejumlah kegiatan baik pemerintahan maupun non-pemerintahan. Tidak menutup kemungkinan, hasil kreasi kelompok disabilitas akan diserap OPD Pemkab Tuban.

 

Mas Lindra menyatakan Pemkab Tuban akan melakukan pemetaan terkait persebaran sekolah bagi kelompok disabilitas. Langkah ini diambil dengan mempertimbangkan SDM pengajar dan kondisi kelompok disabilitas yang ada di wilayah Kabupaten Tuban. “Pemkab Tuban harus hadir diantara mereka tanpa diminta,” tuturnya.

 

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Tuban, Rohman Ubaid mengatakan kegiatan ini sebagai tindak lanjut arahan Bupati Tuban kaitannya dalam memberikan pelayanan kependudukan dengan cepat dan dekat. Kali ini, pihaknya melakukan jemput bola dengan melakukan perekaman KIA untuk 154 siswa dan perekaman KTP sebanyak 46 siswa di 2 lembaga pendidikan.

 

“Kegiatan yang sama akan dilakukan di kecamatan maupun lembaga pendidikan lain di Kabupaten Tuban, saat ini kami tengah melakukan pendataan,” katanya. Rencananya, pada hari Selasa mendatang pihaknya akan melakukan perekaman KTP di Kecamatan Soko.

 

Rohman Ubaid mengatakan pelayanan dokumen kependudukan bagi masyarakat kelompok disabilitas akan dilakukan secara berkala. Langkah ini sebagai wujud komitmen Disdukcapil Tuban dalam memberikan pelayanan kependudukan cepat dan dekat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tuban.

 

Untuk diketahui, saat ini jumlah siswa SLB C Autis Negeri Tuban sebanyak 134 siswa dan SLB ABD Negeri Tuban sebanyak 68 siswa. (Bud/mct)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *