Grand Final Cung & Nduk Tuban Sukses Digelar, Ini Para Juaranya

TUBAN,deputinews.com . Grand Final Pemilihan Duta Wisata Cung & Nduk Kabupaten Tuban Tahun 2022 sukses digelar Rabu malam, 28 Juli 2022 di Alun-Alun Tuban.

 

Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky bersama jajaran Forkopimda, Sekda, juga segenap Kepala OPD dan Camat pun menyaksikan seluruh rangkaian acara hingga penobatan juara Cung & Nduk Kabupaten Tuban Tahun 2022.

 

Dalam kesempatan tersebut, Mas Bupati Aditya Halindra Faridzky menyampaikan, pemilihan Duta Wisata Cung & Nduk Kabupaten Tuban Tahun 2022 berlangsung berbeda. Menurutnya, penyelenggaraan tahun ini bisa disaksikan secara langsung oleh masyarakat Tuban, sebagai sajian hiburan untuk masyarakat setelah dua tahun sepi pertunjukan akibat pandemi. Untuk itu, ia mengapresiasi penyelenggaraan yang sukses dilaksanakan dengan sangat meriah.

 

Mas Bupati menjelaskan, Cung dan Nduk Kabupaten Tuban 2022 bukan sekedar tampan dan cantik rupawan, tetapi juga harus memiliki attitude dan kepekaan sosial. Hal tersebut penting dimiliki sebab mereka akan menjadi cikal bakal generasi muda Tuban untuk bisa bersaing di tingkat Jawa Timur hingga nasional maupun internasional. Untuk itu, pada proses seleksi kali ini, Mas Bupati juga ikut memberikan penilaian terkait pembuatan karya ilmiah yang menggambarkan daerah masing-masing peserta yang dikemas tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Jawa, dan Bahasa Inggris. “Karena ini adalah wadah untuk generasi muda berkreasi, bersuara dan berfikir kritis, maka saya menantang mereka melalui karya ilmiah yang ditulis dengan tiga bahasa. Bahasa Jawa karena kita harus melestarikan bahasa kita sebagai orang jawa, bahasa Indonesia karena kita adalah orang Indonesia, dan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional,” jelas Mas Lindra.

 

Dengan membuat karya ilmiah, para finalis bisa mengurai tentang kekayaan dan potensi luar biasa yang dimiliki oleh tempat lahir mereka. Mas Lindra berharap, para generasi muda Tuban tersebut bisa mempraktekan apa yang telah mereka tulis di karya ilmiah. Sebagai pembuktian, Mas Bupati akan memberikan kesempatan kepada Cung Nduk melaksanakan event di September nanti. “Generasi muda dituntut untuk bukan hanya bisa berbicara dan mengemukakan pendapat saja, tetapi harus bisa take action, mengimplementasikan apa yang telah dikemukakan, sebab langkah kecil yang dilakukan pasti akan bermanfaat bagi generasi selanjutnya,” tuturnya.

 

Lebih jauh, Mas Lindra berharap, Cung Nduk bisa menajadi wajah baru dari Kabupaten Tuban untuk mengenalkan Tuban ke daerah-daerah lain. “Semoga Cung Nduk 2022 bisa menjadi duta wisata yang membanggakan baik di tingkat nasional hingga internasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (DISBUDPORAPAR) Kabupaten Tuban Emawan Putra dalam laporannya mengatakan, ajang Cung & Nduk Kabupaten Tuban diadakan untuk meningkatkan keikutsertaan generasi muda untuk bersama mbangun deso noto kuto, terlebih di sektor wisata dan ekonomi kreatif. “Cung Nduk ini juga bertujuan untuk meningkatkan SDM, serta menumbuhkan kecintaan generasi muda pada pariwisata dan ekonomi kreatif” katanya. Selain itu juga turut serta terlibat dalam pengembangan pariwisata dengan memberikan ide untuk pembangunan sektor pariwisata juga ekonomi kreatif.

 

Chung Nduk juga disiapkan untuk nantinya dapat bersaing dalam ajang duta pariwisata tingkat provinsi atau ajang Raka Raki Jawa Timur.

 

Adapun keluar sebagai juara yaitu, Muhammad Rafy Wibawanto (19) asal Desa Rengel Kecamatan Rengel, mahasiswa Perpajakan Universitas Brawijaya Kota Malang (19) dinobatkan sebagai Cung Tuban Tahun 2022 dan Aulia Cindy Pratiwi (22) asal Kradenan Palang mahasiswi Bahasa Inggris Politeknik Negeri Malang sebagai Nduk Kabupaten Tuban. Mereka akan mengemban tugas sebagai Duta Wisata Kabupaten Tuban selama satu tahun kedepan.

 

Wakil I Cung Tuban 2022, Muhammad Akbar Rizqi dari Universitas Brawijaya

Wakil II Cung Tuban 2022, Atahallah Faisal Ravy Universitas Brawijaya

Wakil I Nduk Tuban 2022, Theresia Abdiella Rachmani, Universitas Airlangga

Wakil II Nduk Tuban 2022, Cinta Amelia Putri Ahmad – Umum Entrepreneur

Kejuaraan Atribut, Cung Favorit Tuban 2022, Rizky Argya Maulana dari SMA Negeri 2 Tuban, Nduk Favorit Tuban 2022 Dita Putri Utami dari IIKNU Tuban.

 

Cung Berbakat Tuban 2022 Andika Candra Setyawan dari SMKN 1 TUBAN, Nduk Berbakat Tuban 2022 Ilma Akhasanan Nisa’ dari Universitas Negeri Surabaya. Adapun untuk kategori Cung Berbusana Terbaik, Davy Ardiansyah dari Universitas Airlangga, dan Nduk Berbusana Terbaik, Beryl Anargya Lituhayu dari SMA Negeri 2 Tuban.( bud /Red/mct)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *