Mas Bupati Pimpin Upacara dan Serah Terima Pataka Jer Basuki Mawa Beya

 

TUBAN, deputinews. com – Setelah menginap satu hari di Kabupaten Bojonegoro, bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya lambang Provinsi Jawa Timur telah tiba di Kabupaten Tuban, pada Senin (3/10/2022). Kirab dengan membawa bendera Jer Basuki Mawa Beya ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur, dan diarak secara estafet di 38 kota/kabupaten di Jawa Timur.

Dipimpin oleh Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky SE, upacara serah terima dilaksanakan di pelataran Pendapa Kridha Manunggal Tuban, diikuti oleh Forkopimda, Sekda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan Camat Se-Kabupaten Tuban, pegawai dilingkungan Pemkab Tuban serta perwakilan Satpol PP dan BPBD dari Kabupaten Bojonegoro.

Pasukan pembawa Pataka dari Kabupaten Bojonegoro masuk ke area Pendapa Kridha Manunggal disambut oleh cucuk lampah, untuk kemudian dilaksanakan upacara serah terima dari Kepala Satpol PP Bojonegoro, Arief Nanang Sugianto kepada Bupati Tuban, yang selanjutnya diserahkan dan dibawa oleh barisan pembawa Pataka dari Kabupaten Tuban.

Dalam kesempatan tersebut, Mas Bupati Lindra membacakan Ripta Prasasti, yang berisi tentang pesan Gubernur Jawa Timur yang ditulis di daun lontar. Dalam Ripta Prasasti tersebut, Gubernur Khofifah mengajak seluruh kepala daerah untuk senantiasa menjaga konsistensi dalam sinergi dan kolaborasi dalam membangun kemajuan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jatim.

Kirab pataka lambang Provinsi Jawa Timur “Jer Basuki Mawa Beya” sebagai rangkaian dari peringatan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur, menjadi momentum untuk semangat bangkit bersama serta menginspirasi dan memotivasi seluruh masyarakat Jawa Timur, bukan hanya menjadi rangkaian seremonial dalam rangka Hari Jadi saja.

Untuk diketahui Bendera Pataka di lepas oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi pada 16 September 2022 lalu, dan akan dikirab hingga 11 Oktober mendatang dan berakhir di Surabaya setelah kurang lebih menempuh jarak 1900 Km, untuk dikibarkan dalam upacara peringatan Hari Jadi Ke-77 Provinsi Jatim.

Sepanjang arak-arakan mulai dari perbatasan Bojonegoro hingga berakhir di Pendapa Kridha Manunggal, rombongan disambut antusias oleh masyarakat Tuban. Sepanjang jalan, masyarakat dan anak-anak sekolah melambaikan tangan dan bersorak sambil membawa bendera.

Adapun pataka yang diarak bukan hanya bendera Jer Basuki Mawa Beya saja, melainkan lima bendera yang terdiri dari Pataka Lambang daerah Provinsi Jawa Timur (Jer Basuki Mawa Beya), Pataka lambang Satpol PP (Praja Wibawa), Pataka lambang Pemadam Kebakaran (Yudha Brama Jaya), Pataka Satuan Perlindungan Masyarakat, serta bendera logo Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya, bendera ini akan bermalam di Kabupaten Tuban lalu kembali akan dikirab menuju ke Kabupaten Lamongan besok, pada Selasa 4 Oktober 2022. (mct/budi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *