oleh

Peringatan Hari Pramuka, Bupati Tuban Harapkan Peningkatan SDM Berwawasan Kebangsaan.

 

TUBAN, deputinews.com – Puncak perayaan Hari Pramuka ke-62 di Kabupaten Tuban diperingati dengan Apel Besar Hari Pramuka di Alun-alun Tuban, Senin (14/08). Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE, selaku Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tuban bertindak sebagai Pemimpin Apel.

Hadir pada kegiatan ini Forkopimda Tuban, Sekda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, dan seluruh pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tuban beserta anggota Gerakan Pramuka Kabupaten Tuban yang turut memeriahkan suasana.

Mas Bupati, dalam amanatnya, berpesan kepada seluruh golongan Pramuka, mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak hingga Pandega, untuk tetap mengimplementasikan sikap-sikap pramuka pada kehidupan sehari-hari, yang di kemudian hari tentunya akan mendapatkan kepercayaan terhadap tongkat estafet kepemimpinan di Kabupaten Tuban, yang memiliki karakter mulia.

Dalam peringatan Hari Pramuka ke-62 tahun ini, juga sekaligus memperingati 111 tahun keberadaan Gerakan Kepanduan di Bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912. Mas Lindra juga berharap bahwa gerakan pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintah serta menangani pendidikan non-formal dalam pembentukan karakter kepemudaan yang ada di Kabupaten Tuban.

Beriringan dengan tema peringatan Hari Pramuka ke-62, yang mengusung semangat mewujudkan ‘Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan’, Mas Lindra mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka Tuban untuk turut serta meningkatkan Sumber Daya Manusia yang lebih professional, serta berwawasan kebangsaan untuk menjaga nilai-nilai kebangsaan dan berjiwa nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara.

“Kiranya persatuan dan kesatuan gerakan pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” lanjut Mas Lindra.

Pada peringatan Hari Pramuka, gerakan Pramuka nasional saat ini juga Tengah mengadakan kegiatan-kegiatan nasional, di antaranya Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada Tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putri-Putra Nasional (Musppanitra), serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh. “Marilah kita Bersama-sama untuk mendukung serta mensukseskan kegiatan-kegiatan tersebut,” ajak Mas Lindra.

Dalam kesempatan ini ditampilkan tarian semaphore Wonderfull Indoensia dari Penegak Putri SMKN 2 Tuban dan juga diserahkan penghargaan Pramuka, yaitu tanda penghargaan Lencana Pancawarsa, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka, kepada Nanang Sugiyarto, S.KM, MM., Wakil Ketua Kwartir Cabang Tuban Lencana Pancawarsa V. Lalu kepada Budi Santoso, S.Pd, Andalan Rating Lencana Pancawarsa IV Kwarran Tuban. Dilanjutkan Lilik Eko Cahyono, Pembina Gugus Depan, Lencana Pancawarsa III Kwarran Semanding. Dan Dina Novitana, S.Pd, Pembina Gugus Depan, Lencana Pancawarsa I. Selain itu, penghargaan lencana Pramuka Garuda kepada Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak. (MCT/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *