Desa  

Menanam pohon bersama blok zona konservasi bersama LMDH. Lembaga masyarakat Desa hutan .watu lumbung rejo jalak.

 

Tuban,-deputinews.com.Kegiatan penanaman hutan dengan pohon buah dikawasan situs Watu Lumbung dalam hutan Dusun Tegalrejo, Desa Sumurjalak, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Senin (18/12/23).

Acara tersebut di hadiri beberapa element desa dan KPH, Forkopimcam Plumpang, Kepala Desa Sumurjalak, Perangkat Dusun Tegalrejo, Koramil Plumpang, Polsek Plumpang dan berbagai dinas dari Kabupaten Tuban.

Dari sambutan Kepala Desa Sumurjalak Jinawan mengatakan,” Syukur alhamdulillah para hadirin tamu undangan, Khususnya bapak ADM, anggota Polri dan TNI, Forkompimca Kecamatan Plumpang dan para warga-warga khusunya warga Dusun Tegalrejo yang bisa hadir berkumpul di situs watu Lumbung untuk penanaman pohon buah,” ucapnya.

“Harapan kepala desa jalak jinawan mari bersama-sama kita menghijaukan hutan dengan Kelompok Tani Hutan (KPH) agar tanaman yang kita tanam hari ini ,agar supaya kedepanya bisa bermanfaat bagi masyarakat Dusun tegal Rejo khususnya, dan masyarakat desa jalak pada umumnya. Kami berharap agar para warga taatilah peraturan kedinasan Perhutani yaitu termasuk pohon yang sudah ditanam agar selalu dijaga kelestarianya dan juga dijaga dari tangan-tangan jahil,” Imbuhnya.

Selain itu (KBKPH)Kepala Bagian Kesatuan Pemangku Hutan Kecamatan Plumpang Gunawan Wibisono mengatakan,” Dalam penanaman pohon buah di situs watu lumbung ini agar bisa menghijaukan hutan, ada beberapa pohon buah yang ditanam yaitu pohon nangka, pohon dewan daru, pohon alpukat, klengkeng,”pungkasnya.

Situs watu Lumbung adalah salah satu situs sejarah peninggalan jaman dulu kala yang berada di dusun Tegalrejo. kawasan hutan, Kecamatan Plumpang, Kegiatan ini bukan saja untuk penanaman pohon saja , melainkan menguri uri budaya agar tetap terjaga kelestarianya adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh warga setempat dari turun temurun.(budi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *