oleh

Pimpin Upacara Peringatan hari Pendidikan Nasional, Sekda Sampaikan pesan Menteri Pendidikan ,Tentang Merdeka Belajar.

 

deputinews.com- Tuban – Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si memimpin upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 yang digelar di halaman kantor Pemkab Tuban. Kamis (02/05).

 

Ikut dalam upacara bendera tersebut, Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan OPD, Camat, pegawai dilingkungan Pemkab, Guru, mahasiswa, dan pelajar.

 

Pada kesempatan ini Sekda Budi Wiyana membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan tentang perjalanan program merdeka belajar.

 

Nadiem menyampaikan, berjalannya transformasi pendidikan berupa merdeka belajar telah mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Meskipun awal penerapan yang terkendala oleh Pandemi covid-19 sempat membuat banyak adaptasi terganggu, namun, seiring berjalannya waktu, perubahan telah dirasakan di dalam sistem pendidikan Indonesia. “Wajah pendidikan dan budaya sedang dibangun bersama dengan gerakan merdeka belajar,” ungkapnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Nadim juga menyampaikan masa akhir pengabdiannya sebagai Menteri Pendidikan yang hampir tiba. Ia menitipkan gerakan merdeka belajar kepada para pendidik untuk dilanjutkan. “Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari terus bersama bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” tutupnya.

 

Sementara itu, usai upacara, kepada awak media, Sekda Tuban menyampaikan, gerakan merdeka belajar juga telah terselenggara di Kabupaten Tuban. Seluruh stakeholder juga telah terlibat untuk menyukseskan program nasional ini.

 

Meski demikian, beberapa permasalahan yang masih menjadi pekerjaan rumah adalah peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia), dimana salah satu indikatornya adalah pendidikan. Beberapa hal yang masih harus digaris bawahi adalah angka lama belajar sekolah, peningkatan melalui program pengembangan sarana dan prasarana, serta peningkatan SDM Pendidik. “Seperti ketersediaan guru yang terus kita lengkapi melalui PPPK yang akan dituntaskan tahun ini,” ucapnya.

 

Ia menegaskan, tidak hanya dari sisi kuantitas namun juga kualitas dengan pemenuhan SDM Pendidik yang mumpuni dan profesional, sesuai keinginan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky. “Mas lindra selalu menekankan hal tersebut,” pungkas Sekda. (MCT/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *