Daerah  

Kebut penurunan Stunting, Pemkab Tuban gelar rembuk Stunting.

 

deputinews com.-Tuban- Dalam rangka mendukung percepatan penurunan stunting, Kabupaten Tuban menyelenggarakan kegiatan “Rembuk Stunting” di Pendapa Kridha Manunggal Tuban, Rabu (26/06).

 

Kegiatan ini bertujuan untuk membahas perencanaan percepatan pencegahan dan penurunan stunting melalui peningkatan kualitas delapan aksi konvergensi sebagai instrumen untuk memastikan efektivitas intervensi layanan terhadap sasaran prioritas stunting.

 

Acara ini diikuti oleh 213 peserta, termasuk perwakilan dari Polres Tuban, Kodim 0811 Tuban, DPRD Kabupaten Tuban, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, OPD di lingkungan Pemkab Tuban, camat, puskesmas, koordinator penyuluh KB, kader tim pendamping keluarga, satgas stunting, serta perwakilan dari organisasi profesi kesehatan Tuban.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan rembuk stunting yang digelar oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Tuban.

 

“Atas nama Pemkab Tuban, kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas digelarnya kegiatan rembuk stunting hari ini yang merupakan aksi ketiga dari 8 aksi konvergensi stunting,” tuturnya.

 

Adapun substansi dari 8 aksi konvergensi stunting, yakni Aksi 1: Analisa Situasi Stunting, Aksi 2: Rencana Kegiatan, Aksi 3: Rembuk Stunting, Aksi 4: Regulasi Tentang Stunting, Aksi 5: Pembinaan Unsur Pelaku, Aksi 6: Sistem Manajemen Data, Aksi 7: Data Cakupan Sasaran dan Publikasi Data, Aksi 8: Review Kerja.

 

Sekda Tuban berharap seluruh pihak yang terlibat dapat bekerja dengan optimal dan konsisten dalam setiap tahapan, serta melibatkan seluruh stakeholders. Dirinya menyatakan bahwa upaya ini tidak akan berhasil dicapai jika hanya pemerintah, khususnya Dinkes P2KB Tuban yang bekerja.

 

“Menyampaikan pesan Mas Bupati, Aditya Halindra Faridzky, kita harus memastikan kekompakan, kebersamaan bersama seluruh stakeholders. Tidak hanya pemerintah, tetapi juga non-pemerintah harus bekerja sama dalam percepatan penurunan stunting,” tegasnya.

 

Lebih lanjut, kegiatan ini diawali dengan penandatanganan pernyataan komitmen bersama oleh seluruh pimpinan Pemkab Tuban serta perwakilan dari peserta undangan yang hadir, untuk mendukung pelaksanaan percepatan penurunan stunting terintegrasi di Kabupaten Tuban. (MCT/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *